Breaking News
Loading...
Sabtu, 26 Juli 2014

Cara Merawat Tanaman Anggur Bagi Pemula

22.06

Cara Merawat Tanaman Anggur Tahap Awal

4. Langkah Penanaman

Melanjutkan materi sebelumnya, kali ini kita beralih ke cara merawat tanaman Anggur pada tahap penanaman bibit ke media pot. Setelah menyiapkan sejumlah bibit Anggur siap tanam dengan varian / jenis sesuai selera Anda, maka bibit tersebut perlu penanganan awal terlebih dahulu sebelum dipindah ke media baru berupa pot.

Oya, sebelumnya mohon maaf karena pembahasan kita masih mengenai cara menanam bibit anggur di media pot dulu. Sementara untuk cara merawat tanaman anggur kita bahas setelah tahapan satu ini. Hal tersebut demi mempelajari secara lengkap atas dasar-dasar budidaya Anggur bagi pemula. Terimakasih.

Seperti yang kita pahami, bahwa pot merupakan media tanam yang sangat berbeda dari penanaman di tanah langsung. Sehingga, kita memaksa bibit Anggur tersebut untuk tumbuh dan berkembang diluar daripada karakter aslinya di alam bebas.

Bibit Anggur siap tanam yang biasa dijual pada umumnya ditanaman menggunakan polibag kecil berukuran diameter 2-3cm dan tinggi sekitar 4-5cm. Sementara ukuran bibit bekisar 15-25cm (dihitung dari permukaan tanah media hingga ujung daun paling atas). Namun, Itu khusus untuk pembelian secara online, dimana tujuan menggunakan polibag kecil agar ongkos pengiriman tidak terlalu besar. Sedangkan jika Anda membeli langsung di farm-nya, mungkin terdapat berbagai macam ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Untuk sementara, kita akan membahas tentang langkah penanaman bibit yang dibeli melalui jalur online. Dimana, kondisi geografis antara farm tempat bibit tersebut dibudidayakan dengan lokasi Anda tinggal tentu sangat berbeda jauh. Oleh sebab itu, sangat perlu dilakukan adaptasi terlebih dahulu agar bibit tidak stress akibat perubahan kondisi alam yang signifikan.

Cara melakukan hal tersebut, yakni dengan membiarkan bibit pada lokasi teduh atau jauh dari sinar matahari langsung, serta menjauhkan bibit dari hembusan angin kencang yang dapat mematahkan tangkai pada keseluruhan daun. Selain itu, apabila batang tunas yang tumbuh melebihi 3 tunas, maka pangkaslah batang tunas yang paling kecil atau telah rusak akibat packing saat pengiriman, agar tersisa 3 batang tunas utama saja.

Jangan lupa pangkas juga daun-daun yang telah rusak atau menguning. Hal tersebut dilakukan supaya bibit memfokuskan pertumbuhan pada sektor akar. Semakin kuat dan banyak akar yang tumbuh, maka semakin baik juga kualitas bibit tersebut untuk tumbuh secara maksimal. Proses adaptasi dilakukan selama minimal 3 hari sampai 1 minggu. Jika sudah melewati masa tersebut, maka bibit siap dipindahkan ke media baru berupa pot.

Langkah pertama yaitu meletakkan pecahan bata merah atau genting hingga memenuhi dasar pot setinggi 2cm. Selanjutnya, masukkan tanah humus, pupuk kandang / kompos, dan pasir (perbandingan media tanam secara berurutan 4:3:3) yang telah tercampur rata kedalam pot. Kemudian, buanglah polibag pada bibit dan tanamkan pada pot yang telah terisi media tanam tadi.

Pastikan bahwa media tanam bawaan bibit tidak rusak apalagi dibuang. Karena, dapat beresiko pada kerusakan akar tanaman. Terakhir, siramlah dengan air sampai seluruh media pot basah. Namun, jangan sampai berlebihan atau becek. Penyiraman hanya sebatas melembabkan saja.

Sebagai tips, sebelum bibit ditanam ke dalam pot, rendamlah akarnya dengan larutan hormon perangsang akar. Hormon tersebut tersedia di banyak toko obat tanaman di kota Anda. Penggunaan hormon perangsang akar akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan akar pada tanaman Anggur, sehingga batang dan daun akan tumbuh lebih lebat dan rimbun.

Namun, pilihlah produk hormon tanaman yang berkualitas dan aman. Jangan sampai bibit Anggur yang Anda tanam justru layu dan tewas akibat larutan kimia tersebut.

Oya, sebagai catatan bahwa setelah bibit tertanam dengan baik di media pot, maka letakkan tanaman di tempat yang teduh dan jauh dari angin kencang. Jika tidak, bibit bisa tewas akibat sengatan matahari langsung dan rontok akibat gempuran angin yang mematahkan tangkai-tangkai daun secara sadis. Setelah melewati masa 1-2minggu, maka tanaman Anggur siap dan wajib diletakkan pada area matahari langsung, supaya tanaman dapat tumbuh subur dan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer