Breaking News
Loading...
Sabtu, 26 Juli 2014

Cara Merawat Pohon Anggur Yang Benar

22.07

5. Perawatan Tanaman

Apabila semua tahap penanaman pohon Anggur yang DaunKu share telah dilakukan dengan baik dan tepat, maka pada tahap perawatan tanaman akan jauh lebih mudah dan praktis. Karena, sebelumnya kita telah mensuplai banyak materi yang dibutuhkan oleh tanaman ketika proses penanaman. Sehingga, perawatan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman Anggur hanya sebatas hal-hal tertentu saja. Cara merawat pohon Anggur yang dianjurkan adalah:

- Pemberian ajir atau tiang. Gunakanlah batang kayu atau bambu berukuran tebal kira-kira 2cm dan panjang 1m yang ditancap kuat dan bersandingan dengan batang Anggur. Tiang tersebut berfungsi agar batang Anggur dapat tumbuh tegak lurus setinggi 1 meteran. Agar batang dapat mengikuti alur tiang, maka ikatlah batang pada tiang tersebut dengan tali. Patut diperhatikan, bahwa mengikatnya jangan terlalu kencang. Karena pada saat tanaman telah mencapai tinggi 1 meter, diameter batang akan membesar.

Sehingga, jangan sampai tali yang terlalu kencang mengganggu proses pembesaran batang tanaman. Supaya lebih maksimal, tancapkan juga 4 buah tiang yang mengelilingi pot dan kaitkan keempat tiang tersebut menggunakan simpul tali. Tiang-tiang tersebut akan membantu tanaman Anggur tumbuh menjalar ke berbagai arah.

- Penyiraman. Siramlah tanaman Anggur setiap sore hari secara rutin dan disiplin. Anda harus memperhatikan air siraman yang keluar melalui rongga udara pada sisi bawah pot. Jangan sampai ada lubang yang tersumbat oleh plastik dan lain sebagainya, sehingga menghambat aliran air dalam pot yang akan keluar. Pohon Anggur sangat tidak menyukai kumpulan air dalam akar yang berlebihan apalagi sampai menggenang.

- Pemupukan. Setelah tanaman Anggur tumbuh subur pada usia 1 bulan (dihitung semenjak repotting ke media pot), maka berilah asupan pupuk berupa Urea dengan dosis 1 sendok makan per 2 minggu sekali. Terapkan pemupukan pada dosis tersebut hingga pohon Anggur berusia 3 bulan berikutnya. Setelah 3 bulan berjalan, maka tingkatkan dosis pupuk Urea menjadi 2 sendok makan per 1 bulan sekali. Lakukan pemupukan secara rutin sampai pohon Anggur tersebut dipindahkan (repotting) ke media pot baru yang berukuran lebih besar.

Nah, itulah beberapa cara merawat pohon Anggur sederhana yang bisa Anda terapkan. Tidak perlu penanganan terlalu khusus agar Anggur dapat tumbuh subur dan berbuah cepat. Selain itu, ada juga tips dan trik agar Anggur dapat berbuah lebih cepat dan rimbun. Silahkan baca kelanjutan tulisan ini pada link di bawah!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer